Cara Diet Untuk Ibu Menyusui Sehat dan Aman

Cara diet untuk ibu menyusui. Seseorang yang sedang hamil, tidak jarang mengalami kenaikan berat badan, yang berdampak pada penampilan yang tidak ideal. Banyak dari mereka para ibu yang mengeluhkan hal ini. Perut yang semakin besar dan bentuk badan yang tidak proporsional mengurangi kepercayaan diri mereka.

Kendati demikian, jangan pernah berpikiran untuk melakukan diet. Pasalnya pada saat menyusui dianjurkan untuk tidak melakukan diet. Tapi jangan khawatir, masalah datang selalu berdampingan dengan solusi. Ada berbagai cara diet untuk ibu menyusui yang sehat dan aman tentunya.

Cara Diet Aman Untuk Ibu Menyusui

Cara Diet Sehat Yang Aman Untuk Ibu Menyusui
Tips diet ibu menyusui

Namun tetap perlu adanya usaha ekstra ya diet bagi ibu menyusui. Selain berat badan yang naik dalam jumlah banyak, setelah melahirkan juga banyak aturan yang harus dijalankan oleh ibu menyusui. Di bawah beberapa cara diet untuk ibu menyusui secara sehat dan aman :

Biarkan berat badan berkurang secara alami

Menurut penelitian, ketika anda menyusui mampu membakar kalori dalam tubuh kira-kira 300-500 kalori dalam sehari. Sehingga berat badan anda pun dapat berkurang dengan sendirinya. Payudara yang memiliki air susu penuh, secara otomatis akan menambah berat badan anda, jadi tak perlu terlalu khawatir tentang berdiet. Karena ternyata menyusui juga merupakan diet sehat yang bisa anda lakukan. Saat anda menyusui, akan setara dengan anda melakukan olahraga bersepeda selama satu jam. Jadi dengan menyusui juga bisa menurunkan berat badan secara alami.

Pilih makanan sehat dan bergizi

Hal pertama yang harus anda lakukan saat ingin menurunkan berat badan adalah mengonsumsi makanan yang sehat. Terlebih bagi anda tengah menyusui, tentu saja harus memberi perhatian dobel pada asupan tubuh anda. Pilihlah jenis sayur-sayuran, buah-buahan, lemak skim, karbohidrat komplek dan sumber protein rendah lemak.

Untuk ibu menyusui, dianjurkan untuk lebih banyak mengonsumsi jenis makanan tersebut. Anda bisa mengonsumsi daging ayam tanpa kulit, telur, tahu, tempe, ikan ataupun kacang-kacangan untuk memenuhi kebutuhan protein. Selain itu, hindari juga mengonsumsi berbagai makanan cepat saji (junkfood).

Makan dengan porsi yang kecil namun sering

Pada saat menyusui, anda akan sering merasa lapar. Hal ini terjadi karena makanan yang anda konsumsi terbagai menjadi dua, yaitu tubuh anda dan buah hati lewat air susu. Khusus untuk ibu menyusui sebaiknya makan dalam 6 tahapan setiap harinya. Yakni makan utama 3 kali yang terdiri dari sarapan, makan siang dan makan malam. Sedangkan 3 tahapan lagi adalah berupa makan makanan ringan (snack) pada pukul 10 pagi, 4 sore dan 9 malam.

Anda dapat mengonsumsi yogurt rendah lemak dan wortel pada jam 10 pagi, 22 kacang almond dan 40 gram kismis pada pukul 4 sore, dan makan dessert dengan kandungan 100-150 kalori. Jika anda sudah melakukan semua tahapan tersebut namun masih merasakan lapar, mungkin tubuh anda memerlukan lebih banyak energi. Anda bisa menambahnya dengan mengkomsi makanan sehat yang mengandung cukup kalori.

Minum Air Putih dengan cukup

Cara diet untuk ibu menyusui yang berikutnya yaitu minumlah air putih dengan cukup, karena di dalam ASI mengandung 50% air. Selain mencukupi asupan air minum untuk melancarkan produksi ASI, anda juga membutuhkan air untuk pembakaran lemak, menghilangkan racun di dalam tubuh dan untuk mengecilkan perut. Pastikan kebutuhan air minum anda terpenuhi dengan baik pada setiap harinya.

Olahraga atau aktifitas fisik lainnya

Agar berat badan menurun, tentunya perlu adanya pembakaran lemak. Itu berarti anda perlu untuk melakukan olahraga. Namun jika tidak memungkinkan untuk berolahraga, anda bisa melakukan kegiatan fisik lainnya. Misalnya dengan melakukan pekerjaan rumah tangga atau bermain-main bersama buah hati.

Semoga informasi tentang cara diet untuk ibu menyusui di atas bisa bermanfaat.