7 Tips Cara Menyusui Bayi Yang Benar

Cara Menyusui Bayi Yang Benar – Setelah anda melahirkan si kecil, tentu anda ingin memberikan gizi dan nutrisi terbaik bagi bayi anda, demi tumbuh kembangnya yang maksimal dengan menyusui. Menurut para ahli medis, nutrisi terbaik bagi bayi pada usia 0-6 bulan adalah air susu ibu. Kegiatan menyusui menjadi hal wajib yang harus anda lakukan.

Berbagai upaya ditempuh untuk menghasilkan air susu yang cukup dan berkualitas. Sehingga si kecil akan tumbuh dengan baik dan sehat. Namun terkadang anda mengalami kendala saat menyusui. Seperti puting yang lecet, sakit kepala atau hal lainnya. Hal tersebut bisa terjadi lantaran anda melakukan cara yang kurang benar ketika menyusui. Agar menyusui dapat berlangsung dengan optimal, anda perlu mengetahui cara menyusui yang baik dan benar berikut ini.

Cara Menyusui Bayi yang Benar

Cara Menyusui Bayi

1. Pilih Posisi Menyusui Yang Nyaman

Ada berbagai posisi yang bisa anda lakukan ketika menyusui. Posisi pertama yakni berbaring. Cara menyusui yang baik dan benar yang benar yakni, anda berbaring menyamping dengan buah hati dibaringkan disamping anda. Posisikan kepala bayi tepat berada pada putting anda. Dengan begitu anda akan merasa rileks dan buah hati pun lebih mudah dalam menyusu.

Posisi yang kedua yakni posisi cradle. Caranya, ambil posisi duduk yang nyaman kemudian posisikan buah hati pada lengan anda, dengan kepala tepat berada di siku. Posisi ini dapat membantu anda untuk memberikan posisi yang nyaman pada bayi ketika menyusu.

Posisi selanjutnya adalah dengan lengan silang. Cara menyusui ini dapat anda lakukan dengan menempatkan buah hati di depan payudara anda, dan lengan anda menyilang untuk menggendongnya. Cara ini memudahkan bayi dalam meminum ASI dan cocok bagi anda yang memiliki bayi yang kecil atau tengah sakit. Menarik untuk anda baca seputar menyusui si buah hati yaitu makanan yang baik untuk ibu menyusui dan makanan yang dilarang.

Dan yang terakhir adalah posisi di bawah lengan. Cara menyusui yang benar ini sangat cocok bagi anda yang memiliki bayi kembar, dan ingin menyusuinya secara bersamaan. Posisikan bayi di atas lengan dengan kepala berada di telapak tangan anda, dan kakinya berada di bawah ketiak anda. Dengan melakukan cara tersebut akan memberikan kenyamanan anda dalam menyusui, sehingga menghemat tenaga anda. Selain itu juga mampu melancarkan produksi air susu anda.

2. Mencuci Tangan Sebelum Menyusui

Hal ini yang kerap dilupakan karena dianggap sebagai hal kecil. Sebaiknya anda biasakan untuk mencuci tangan dengan bersih menggunakan sabun sebelum menyusui si buah hati. Tentunya anda akan menyentuh bayi anda, ataupun payudara akan bersentuhan langsung dengan mulut bayi anda ketika menyusui. Mencuci tangan dengan sabun dilakukan untuk menghindari bayi dari kuman atau bakteri, yang bisa saja menempel pada tangan anda saat melakukan aktifitas sebelumnya.

3. Cara Menyusui yang Benar dengan Memberi Stimulus ASI

Dengan memberikan stimulus atau pancingan akan membuat bayi berminat menusu. Terutama ketika ASI masih belum lancar. Perah ASI anda sedikit saja, kemudian oleskan pada putting dan daerah di sekitar putting.

4. Cara Membuka Mulut Bayi Saat Memberikan ASI

Cara menyusui bayi yang benar saat membuka mulut buah hati anda. Dengan cara mendekatkan putting anda ke pipi atau ke bibir bayi. Dengan demikian bayi akan merespon dan membuka mulutnya untuk mulai meminum ASI.

6. Melakukan Pergantian ASI yang Satu ke yang Lain

Pada saat anda akan memindahkan dari satu puting ke yang puting satunya. Anda pastikan telah memberikan seluruh ASI dari satu payudara sebelumnya. Saat dirasa ASI yang diberikan mulai kosong barulah lakukan pergantian.

7. Setelah Selesai Menyusui Bayi

Setelah selesai menyusui, lepaskanlah putting dari mulut bayi anda cengan benar. Cara adalah tekan dagu bayi dengan perlahan ke arah bawah, atau bisa juga dengan memasukkan ibu jari anda di antara payudara dan mulut buah hati.

Dengan melakukan beberapa cara menyusui bayi yang baik dan benar di atas, selain dapat terhindar dari berbagai masalah ketika menyusui, si buah hati juga mendapatkan asupan ASI secara maksimal. Selamat mencoba.