Tips Cara Memilih Susu Yang Baik Untuk Ibu Menyusui

Cara memilih susu yang baik untuk ibu menyusui – Susu merupakan pelengkap pemenuhan gizi yang diperlukan bagi ibu menyusui setelah mengkonsumsi sayuran, buah-buahan dan berbagai jenis makanan penunjang lainnya. Susu adalah cairan yang dihasilkan dari kelenjar susu mamalia.

Di dalam susu terdapat berbagai gizi dan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh, untuk pertumbuhan serta perkembangan. Selain itu, susu berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh anda. Dengan mengkonsumsi susu kebutuhan kalsium ibu menyusui juga terjaga. Namun pada dasarnya meminum susu saat menyusui tidaklah wajib.

Memilih susu ibu menyusui 2

Karena terdapat beberapa kasus adanya ibu maupun bayi yang justru terjadi reaksi alergi setelah mengonsumsi susu. Maka dari itu, anda harus selektif dalam memilih jenis susu, karena tidak semua jenis susu cocok bagi ibu menyusui. Lalu susu seperti apa susu yang baik untuk ibu menyusui? Berikut penjelasannya.

Cara Memilih Susu Yang Baik Untuk Ibu Menyusui

  • Kandungan Nutrisi

Hal pertama yang harus dilakukan dalam memilih susu untuk ibu menyusui adalah perhatikan kandungan lemak yang ada di dalam susu. Bagi kebanyakan ibu menyusui, pasti mengingingkan tubuhnya dapat kembali ideal seperti sebelum melahirkan. Dengan memilih susu yang rendah lemak akan membantu anda untuk mendapatkan tubuh yang sehat, sekaligus dapat menurunkan berat badan secara perlahan.

Meski tidak bisa dipungkiri ketika menyusui anda membutuhkan lemak sebagai sumber energi, karena saat menyusui anda membutuhkan energi yang lebih banyak. Namun anda masih bisa mencukupi asupan lemak yang baik dari berbagai jenis makanan lainnya, seperti ikan maupun sayuran.

Kemudian kandungan protein. Protein penting bagi ibu menyusui sebagai sumber energi. Selain itu juga mampu mempercepat reproduksi air susu sehingga ASI dapat tersupply dengan baik. Dan bisa mencegah anda dari kekurangan air susu untuk si kecil.

Pastikan juga susu untuk ibu menyusui yang anda pilih adalah memiliki kandungan asam folat. Asam folat berfungsi untuk mencukupi nutrisi yang diperlukan bagi ibu menyusui. Susu ibu menyusui juga harus mengandung AA dan DHA yang dapat bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan otak bayi anda.

Baca juga     Cara Menyusui Yang Benar
  • Jenis Susu

Kebanyakan jenis susu untuk ibu menyusui yang tersedia adalah berupa susu sapi. Hal ini dikarenakan pada susu sapi terdapat kandungan nutrisi, vitamin serta mineral yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu menyusui. Susu sapi memiliki manfaat untuk membantu menyuplai kebutuhan kalsium, kalium, protein, fosfor, asam amino, vitamin A dan B2.

Semua kandungan tersebut merupakan nutrisi yang dibutuhkan ibu menyusui. Tetapi jika anda justru alergi terhadap jenis susu ini, lebih baik anda hentikan dalam mengkonsumsinya, karena dapat mempengaruhi produksi air susu yang dihasilkan. Selain itu, bisa mengakibatkan bayi anda terkena alergi.

Sebagai gantinya, anda bisa mengkonsumsi susu kambing yang juga memiliki kandungan nutrisi juga gizi yang hampir sama dengan susu sapi. Atau bisa juga dengan mengkonsumsi susu kedelai, jika susu kambing juga menimbulkan alergi. Meskipun susu kedelai tak memiliki kandungan nutrisi lengkap seperti susu sapi maupun susu kambing.

Demikian cara memilih susu yang baik untuk ibu menyusui. Namun perlu diingatkan lagi, bahwa anda tidak perlu memaksakan diri untuk mengkonsumsi susu. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, susu hanya sebagai pelengkap bukan wajib untuk dikonsumsi. Jadi jangan sampai keliru akan pandangan anda terhadap susu saat menyusui.

Anda masih bisa memenuhi berbagai nutrisi yang terdapat pada susu dengan mengkonsumsi jenis makanan lain. Seperti aneka sayuran hijau, buah-buahan, ikan dan lain. Semoga informasi di atas dapat memberi tambahan informasi bagi anda dan semoga beranfaat.