Penyebab dan Cara Mengatasi Mimisan

Penyebab dan Cara Mengatasi Mimisan. Mimisan atau dalam istilah kedokteran disebut juga dengan epistaksin merupakan suatu pendarahan yang terjadi melalui lubang hidung dan pendarahan ini terjadi disebabkan karena mukosa yang mengandung pembuluh darah kecil.

Faktor Penyebab Mimisan

Mimisan bisa terjadi pada siapa saja dari balita hingga orang dewasa sekalipun dan ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab seseorang terkena mimisan salah satunya karena faktor cuaca. Cuaca yang tidak menentu atau terlalu panas dapat menyebabkan kelembaban berkurang dan bagian setrum mengalami pengeringan. Hal ini tentunya dapat menimbulkan iritasi pada hidung yang berakibat pendarahan atau mimisan.

Cara mengatasi mimisan
Mimisan – Img Healthworld360

Selain hal tersebut ada penyebab-penyebab lain yang bisa terjadi yaitu karena dampak atau gejala dari sebuah penyakit seperti tumor. Orang yang menderita tumor maka dapat seringkali mengalami mimisan. Tumor yang tumbuh pada rongga hidung akan terdapat seperti benjolan kecil sebiji nangka yang berwarna putih.

Selain tumor, mimisan juga dapat terjadi jika seseorang terkena demam berdarah. Hal ini dikarenakan terjadinya infeksi sistemik yang terjadi pada penderita demam berdarah sehingga penderita akan mengalami mimisan.

Cara Mengatasi Mimisan Secara Alami

Mimisan bukan merupakan suatu masalah yang berbahaya tetapi mimisan dapat menjadi pertanda bahwa anda mengalami masalah pada kesehatan anda. Nah, untuk mengatasi mimisan itu sendiri tidaklah sulit. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan salah satunya sebagai berikut.

Baca Juga: Cara Mengobati Sakit Kepala Alami

Atasi Mimisan dengan Mendudukkan Penderita Mimisan

Jika anda menjumapi seseorang yang terkena mimisan, dudukkan penderita tersebut dengan kepala menengadah keatas agar posisi hidung lebih tinggi dari jantung. Hindari tidur terlentang karena hal tersebut dapat menyebabkan mimisan semakin parah dan darah yang keluar mengalir banyak.

Bungkukkan Badan Kedepan

Beri instruksi pada penderita mimisan untuk membungkukkan badan kedepan dan bernapaslah dengan menggunakan mulut.

Menggunakan Daun Sirih untuk Mengobati Mimisan

Mengatasi mimisan dengan daun sirih sudah bukan menjadi rahasia lagi. Biasanya orang yang terkena mimisan selalu menggunakan daun sirih untuk menyumpal lubang telinga. Hal ini dilakukan untuk menghambat laju darah yang keluar. Anda juga sebaiknya membaca manfaat daun sirsak yang sudah kami rangkum.

Kompres Dengan Air Dingin

Selain menggunakan daun sirih, anda juga bisa menggunakan air dingin untuk mengompres hidung. Fungsinya agar aliran darah ke hidung menjadi terhambat. Lakukan cara ini setidaknya selama 10 menit atau hingga darah berhenti mengalir.

Periksakan Kedokter

Jika berbagai cara telah anda lakukan namun tak kunjung sembuh, segeralah anda berkonsultasi dengan dokter untuk mendiagnosa apa yang terjadi apakah hanya sekedar mimisan biasa atau merupakan gejala dari sebuah penyakit berbahaya.

Memberikan pertolongan pertama pada penderita mimisan merupakan hal yang wajib dan yang perlu anda perhatikan adalah anda tidak perlu panik dalam mengatasi masalah ini. Semoga dari apa yang telah anda baca diatas dapat memberikan manfaat yang positif bagi kita semua. Terimakasih.