11 Jenis Makanan yang Dilarang untuk Ibu Menyusui

Makanan yang dilarang untuk ibu menyusui adalah hal penting yang harus anda ketahui. Karena berguna untuk menghindari adanya hal buruk yang bisa saja menimpa bayi anda, akibat dari kandungan dalam makanan tertentu. ASI akan memberi pengaruh yang baik bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi begitu juga sebaliknya.

Tentu sebagai ibu anda ingin memberikan segala yang terbaik bagi anak, salah satunya dengan memberikan ASI eksklusif. Karena makanan terbaik untuk usia bayi 0-6 bulan adalah ASI (Air Susu Ibu). Selain memiliki kandungan antibody, pada ASI juga terdapat kandungan gizi yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan si buah hati. Dan makanan sangat menentukan kualitas ASI. Berikut ini merupakan makanan yang dilarang untuk dikonsumsi ibu menyusui.

Makanan yang Dilarang untuk Ibu Menyusui

Makanan yang dilarang untuk ibu menyusui

1. Makanan dengan Kandungan Kafein

Hindari mengkonsumsi berbagai jenis makanan ataupun minuman yang memiliki kandungan kafein. Saat menyusui anda akan cenderung cepat lelah dan mengantuk, namun sebaiknya urungkan niat anda untuk mengkonsumsi kafein, seperti pada kopi, teh, susu, minuman penambah energi, coklat dan minuman bersoda. Selain itu, hindari juga rokok dan minuman beralkohol. Karena menurut survey bisa menyebabkan bayi lebih kerap menangis, perut kembung, rewel, serta sering buang angin pada saat berumur 3 bulan.

2. Makanan yang Menimbulkan Alergi

Makanan yang dilarang untuk ibu menyusui selanjutnya yaitu makanan yang cenderung dapat menimbulkan reaksi alergi pada bayi anda. Apabila bayi anda alergi karena mengkonsumsi makanan tertentu, maka segera hentikan dalam mengkonsumsinya. Terdapat beberapa makanan yang biasanya bisa memicu timbulnya alergi pada bayi, yakni telur, makanan dari laut, susu sapi dan kacang-kacangan (makanan sumber protein tinggi).

Untuk mengetahui apakah bayi anda alergi terhadap makanan tertentu atau tidak. Caranya amati setiap kali anda telah mengkonsumsi jenis makanan baru, apa reaksi yang timbul pada bayi anda. Apakah terdapat gejala alergi atau kondisi bayi anda tidak seperti biasanya. Dengan begitu anda bisa mengetahui jenis makanan yang harus anda hindari sementara waktu selama menyusui.

3. Makanan Pedas

Sebaiknya hindari jenis makanan yang memiliki rasa pedas selama menyusui. Karena menurut penelitian, ditemukan bahwa akibat dari mengkonsumsi makanan pedas membuat bayi sering gelisah dan kembung. Sehingga menyebabkan bayi sering buang angin, dan pada beberapa bayi mengalami diare, faeces yang lebih lembek dari biasanya atau bahkan cair. Mengkonsumsi dalam jumlah banyak juga bisa menyebabkan ibu terserang diare. Jika sudah begitu akan mengganggu kegiatan menyusui anda, karena menjadi tidak maksimal dalam menyusui.

4. Makanan Berkarbohidrat Kompleks

Sebaiknya mengurangi makanan berkarbohidrat dari nasi, roti, dan lainnya kemudian menggantinya dengan karbohidrat kompleks. Anda bisa mengganti nasi dengan mengkonsumsi beras coklat atau beras merah. Fungsinya untuk menjaga energi anda selama menyusui.

5. Brokoli dan Kembang Kol

Anda perlu menghindari brokoli juga kembang kol selama anda menyusui. Sayuran tersebut memang memiliki kandungan nutrisi yang banyak, dan mengandung antioksidan yang penting pagi tubuh. Namun, brokoli serta kembang kol dapat menimbulkan masalah sistem pencernaan pada bayi anda. Sehingga akan membuat bayi merasakan mulas, dan menjadikan sering buang angin.

Hal tersebut terjadi karena efek gas yang terdapat pada brokoli dan kembang kol. Maka hindari mengkonsumsi makanan jenis ini untuk sementara waktu, hingga periode menyusui selesai. Anda bisa menggantinya dengan mengkonsumsi bayam atau wortel.

6. Jeruk

Makanan yang dilarang untuk ibu menyusui lainnya berasal dari jenis buah yaitu jeruk. Ini karena di dalam jeruk terdapat kandungan yang bisa menjadikan si kecil merasa tidak nyaman. Selain itu, bisa menyebabkan bayi lebih sering buang air kecil.  Anda tidak perlu khawatir tidak dapat memenuhi kebutuhan vitamin C, karena anda masih bisa mendapatkan asupan vitamin C dari buah mangga ataupun pepaya.

7. Makanan Berbahan SUSU

Tidak semua jenis susu baik untuk dikonsumsi. Ada beberapa jenis susu yang bisa memicu alergi. Maka harus cermat dalam memilih susu agar tidak terjadi alergi serupa pada bayi. Termasuk juga jenis produk turunan susu seperti keju, es krim, dan lainnya.

Jenis-jenis makanan lain yang dilarang:

  • Papermint – Bisa memicu bayi sering menangis
  • Cokelat – Mengandung kafein tinggi sama seperti kopi
  • Ikan Tertentu – Beberapa ikan mengandung mercury yang berbahaya untuk bayi
  • Bawang Putih – Perpengaruh terhadap rasa ASI