Daftar 6 Makanan Yang Baik Untuk Ibu Menyusui

Makanan untuk ibu Menyusui – Setelah 9 bulan anda berjuang menjaga kehamilan, kini anda mempunyai tugas baru setelah melahirkan, yaitu menyusui. Tentunya kondisi itu akan berbeda daripada saat anda hamil, terutama pada asupan makanan.

Anda harus mencukupi jumlah dan kualitas ASI yang baik untuk si buah hati. Maka dari itu untuk menunjangnya, anda harus mencukupi asupan gizi juga nutrisi saat menyusui. Asupan nutrisi tersebut bisa terpenuhi ketika si ibu hamil mengkonsumsi makanan yang memang sangat baik untuk ibu hamil.

Makanan untuk Ibu Menyusui

Makanan yang baik untuk ibu menyusui

1. Sayuran

Sayuran adalah jenis makanan yang menjadi sumber utama zat besi, serat, beta-karoten, folat, lycopence, vitamin C, beta-glukan dan flavonoids. Pada saat menyusui, tentu anda membutuhkan energi yang lebih. Untuk itu, anda sangat membutuhkan makanan yang kaya akan zat besi. Selain mampu mempertahankan tingkat energi, zat besi juga untuk mencegah terkena anemia.

Sedangkan folat sangat penting karena bermanfaat dalam proses terbentuknya sel darah merah. Dan beberapa sayuran yang sangat diperlukan saat anda menyusui yakni bayam, tomat, selada, ketimun, labu, kentang, jamur dan jagung. Bagi ibu menyusui dianjurkan untuk mengkonsumsi sayuran sebanyak 3 hingga 5 porsi untuk setiap harinya. Untuk meningkatkan jumlah ASI, anda bisa menambahkan bawang putih ke dalam masakan anda.

2. Buah-buahan

Pada buah-buahan terdapat kandungan berbagai vitamin dan mineral yang sangat penting bagi ibu menyusui. Misalnya vitamin C. Vitamin C dibutuhkan sebagai pembangun sistem kekebalan tubuh untuk anda juga buah hati. Selain itu juga mampu membantu dalam proses penyerapan zat besi.

Untuk mencukupi kebutuhan serat dan antioksidan, anda dapat mengonsumsi blueberry, blackberry dan stroberi. Ketiga buah-buahan tersebut memiliki kandungan serat juga antioksidan yang tinggi. Anda bisa menjadikan buah-buahan sebagai makanan ringan (snack) di sela-sela waktu sesudah dan sebelum waktu makan utama. Misalnya pada jam 10 pagi, jam 4 sore dan jam 9 malam.

3. Biji-bijian

Semua jenis biji-bijian adalah sumber vitamin E dan vitamin B, kalium, selenium, protein, folat dan zat besi. Biji-bijian merupakan makanan yang baik untuk ibu menyusui karena mengandung serat dan nutrisi alami, yang tidak rusak saat proses pengolahan. Anda bisa memperbanyak mengkonsumsi roti gandum, oatmeal dan beras merah.

Porsi yang dianjurkan dalam mengkonsumsi biji-bijian saat menyusui adalah 6-11 porsi setiap hari. Selain buah-buahan, makanan jenis ini juga bisa anda jadikan sebagai kudapan sehat sekaligus memberi manfaat bagi tubuh.

4. Kacang-kacangan

Di dalam kacang-kacangan terkandung protein yang tinggi, dan merupakan sumber lemak sehat yang baik saat anda menyusui. Protein berperan untuk memperbaiki sel-sel yang ada di dalam tubuh. Kalsium diperlukan tubuh untuk membangun tulang serta gigi yang sehat.

Anda juga bisa memasukkan kacang-kacangan sebagai menu cemilan. Jenis kacang-kacangan yang disarankan untuk dikonsumsi saat menyusui adalah kacang kenari, hazelnut, kacang almond, kacang kedelai dan kacang mete.

5. Ikan

Ikan merupakan makanan yang baik untuk ibu menyusui yang memiliki kandungan omega-3 tinggi, yang bermanfaat bagi bayi untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Namun anda harus berhati-hati, karena menurut penelitian terdapat ikan yang menggunakan merkuri yang sangat berbahaya.

Sebaiknya hindari konsumsi ikan ubin, ikan makarel dan ikan todak saat menyusui. Dianjurkan untuk mengkonsumsi jenis ikan sebanyak 12 ons seminggu. Anda dapat mengkonsumsi ikan yang aman dari merkuri yakni ikan salmon, ikan tuna dan lele.

 6. Susu

Kandungan Vitamin D dari susu sangat baik untuk pertumbuhan serta pembentukan tulang bayi anda. Susu juga berguna bagi ibu untuk menghasilkan produksi ASI yang lebih banyak dan lebih berkualitas. Bukan hanya itu, susu juga dapat meningkatkan perkembangan kecerdasan pada otak bayi.

Semoga informasi beberapa makanan yang baik untuk ibu menyusui di atas bisa bermanfaat.