Cara Mengatasi Anak Susah Tidur, Bayi dan Balita

Cara Mengatasi Anak Susah Tidur. Anak merupakan harta paling berharga dalam rumah tangga karena anak dapat menghidupkan suasana serta menjadi pelengkap sebuah hubungan rumah tangga. Anak yang masih balita atau dibawah umur sering mengalami berbagai masalah terutama dalam hal istirahat.

Terkadang anak kerap mengalami yang namanya gangguan susah tidur. Dalam dunia medis hal ini merupakan gangguan yang terjadi pada ambang batas antara terjaga dan tidur dan hal tersebut lebih sering menyerang anak-anak daripada orang dewasa.

Cara mengatasi anak susah tidur
Anak susah tidur – img via parents.com

Kegelisahan seringkali dialami anak sehingga menyebabkan susah tidur atau mungkin mengalami mimpi buruk yang dapat menyebabkan anak mengalami kecemasan, kekhawatiran dan ketakutan dalam pikirannya.

Tips Mengatasi Masalah Anak Susah Tidur

Mengatasi hal tersebut anda tidak boleh sekali-kali memberinya obat tidur karena dapat mengganggu proses pertumbuhan dan perkembangan anak. Banyak hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi anak yang rewel dan susah tidur salah satunya sebagai berikut :

Ajak Anak Untuk Tidur Kembali

Jika anak masih terlihat rewel atau tiba-tiba terbangun karena mimpi buruk, cobalah anda untuk membujuknya agar anak mau diajak tidur kembali. Buat anak merasa nyaman disisi anda tentunya dengan suasana yang tenang pula agar anak dapat dengan mudah kembali tidur. Semakin anda bisa membuat anak merasa nyaman maka semakin cepat pula anak tertidur lelap.

Membacakan Dongeng Atau Menyanyikan Lagu

Hal yang seringkali terjadi dan dilakukan seorang ibu untuk menidurkan anaknya adalah dengan cara membacakan buku cerita atau dongeng. Cara ini sudah dilakukan para ibu sejak jaman dulu dan hingga sekarang pun masih banyak yang melakukannya. Dengan mendengar suara seperti orang bercerita maka biasanya anak menjadi cepat ngantuk dan tertidur.

Menidurkan Anak Sambil Jalan-jalan

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan anak susah tidur salah satunya karena posisi tidur atau tempat tidur yang kurang nyaman. Anak biasanya lebih nyaman dan mudah tidur ketika digendong sambil jalan-jalan. Hal ini dapat membuat anak tidur lebih cepat dari biasanya.

Jarak Antara Tempat Tidur Anak Tidak Terlalu Jauh

Jika anda memiliki tempat tidur yang berbeda dengan anak, usahakan jangan terlalu jauh agar ketika anak terbangun anda bisa dengan cepat menidurkannya lagi dengan cara menepuk-nepuk pantat bayi. Entah mengapa tetapi dengan menepuk pantat bayi dapat membuatnya mudah tertidur kembali.

Tempatkan Bayi Diruangan yang Tenang

Bayi akan susah tidur biasanya karena suasana sekitar yang terlalu ramai. Cari tempat yang tenang, aman dan nyaman maka dengan mudah anak anda akan tertidur lelap. Susui bayi anda dengan posisi yang nyaman sehingga membuatnya tenang dan mudah untuk tidur.

Jangan Buat Anak Merasa Takut dan Cemas

Untuk menidurkan seorang anak biasanya ibu menakut-nakuti anak. Hal tersebut sangatlah salah karena justru dapat membuat anak merasa takut dan cemas sehingga anak akan lebih sulit untuk diajak tidur.