Makanan Untuk Memperbanyak dan Melancarkan ASI

Makanan untuk memperlancar ASI. ASI adalah nutrisi utama yang wajib di berikan pada bayi. Manfaat asi sangat baik bagi bayi. Asi memberikan manfaat baik untuk perkembangan fisik dan psikis kedekatan dengan orang tua. Oleh karena itu bagi para ibu disarankan untuk menyusui bayinya.

Namun kadangkala kondisi ini terbentur dengan asi yang tidak lancar ataupun sedikit keluar. Kadang kala asi yang keluar juga malah sedikit dan tidak enak bagi si bayi. Hal ini juga yang membuat masalah bagi kebanyakan ibu terutama yang baru saja menjadi “ibu”. Oleh karena itu ibu yang mengalami masalah dengan ASI yang tidak lancar sepertinya wajib mengetahui makanan untuk memperlancar dan memperbanyak ASI.

Makanan untuk memperlancar ASI

Agar ASI lancar dan banyak

Faktor Yang Mempengaruhi Produksi ASI

Tidak semua ibu ibu mampu memproduksi Asi dengan melimpah dan banyak bagi bayi mereka. Untuk mendapatkan ASI yang melimpah sang ibu harus mengkonsumsi makanan untuk memperlancar dan memperbanyak ASI. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi faktor produksi asi bagi seorang ibu.

Pertama adalah karena memang adanya sumbatan pada saluran susu, kedua faktor genetik. Ketiga karena kurang nutrisi ataupun gizi. Selain itu bisa saja sang ibu memiliki penyakit sehingga asi tidak bisa keluar. Kecilnya kapasitas penyimpanan asi atau dengan ukuran payudara juga bisa mempengaruhi produksi ASI.

Baca Juga: Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Makanan Untuk Memperlancar ASI dan Memperbanyaknya

Ada beberapa jenis makanan untuk memperlancar dan memperbanyak Asi yang dikeluarkan oleh ibu. Untuk memperbanyak asi, sang ibu perlu banyak mengkonsumsi makanan seperti

  • Kubis
  • Bayam
  • Daun katu
  • Bawang putih
  • Kacang-kacangan
  • Ubi jalar
  • Minyak biji wijen

Tanaman tanaman tersebut dipercaya memiliki berbagai macam kandungan yang mampu memberikan nutrisi yang tepat kepada sang ibu sehingga bisa mendorong produksi Asi yang berlimpah.

Disamping itu ibu bayi juga di usahakan untuk membiasakan diri dengan menyusui. Caranya adalah dengan sesering mungkin menyusui sang bayi untuk merangsang keluarnya Asi.

Ramuan Tradisional Untuk Memperlancar Dan Memperbanyak Asi

Selain mengkonsumsi makanan untuk memperlancar dan memperbanyak Asi, sang ibu juga bisa menggunakan ramuan tradisional untuk meningkatkan produksi Asi.

Bunga Dedelion & Akan Jombang

Salah satu ramuan yang dapat di gunakan adalah dengan menggunakan bunga dandelion atau akar jombang. Caranya adalah dengan memasak beberapa potongan akar jombang direbus dengan sekitar 2 hingga 3 gelas air hingga menjadi satu gelas. Setelah itu di angkat kemudian di saring. Ramuan ini dikonsumsi dua kali sehari setengah gelas.

Daun Murbei

Ramuan lain yang bisa dikonsumsi selain makanan untuk memperlancar dan memperbanyak Asi adalah dengan mengkonsumsi daun murbei. Cara mengkonsumsinya sangatlah sederhana. daun murbei atau sering disebut dengan arben di masak misalnya dengan ditumis kemudian dikonsumsi bersama nasi. Ramuan yang satu ini sangat baik bagi kesehatan. Tak hanya untuk memperlancar asi tetapi juga bisa untuk mengobati penyakit yang lain seperti diabetes ataupun bisul dan lain lain.